Selasa, 02 Maret 2010

PERAN IQ, EQ, SQ, CQ DAN AQ DALAM PERKEMBANGAN PROFESI KECERDASAN

PERAN IQ, EQ, SQ, CQ DAN AQ
DALAM PERKEMBANGAN PROFESI
KECERDASAN
• Pengertian Kecerdasan (Intellegens).
• Ciri-ciri Mendasar Kecerdasan (Intellegens).
• Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan (Intellegens).
• Macam-macam Kecerdasan, Meliputi IQ, EQ, SQ, CQ, AQ.
Pengertian Kecerdasan (Intellegens)
• Menurut David Wechsler (1939), kecerdasan sebagai kumpulan kapasitas seseorang untuk bereaksi searah dengan tujuan, berpikir rasional dan mengelola lingkungan secara efektif.
• Kecerdasan merupakan potensi dasar seseorang untuk berpikir, menganalisis dan mengelola tingkah lakunya di dalam lingkungan dan potensi itu dapat diukur.
Pengertian Kecerdasan (Intellegens)
• Menurut Gardener (2002) pengertian kecerdasan (intellegens) mencakup tiga faktor, yaitu:
a.Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia.
b.Kemampuan untuk menghasilkan persoalan- persoalan baru untuk diselesaikan.
c.Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang akan memunculkan penghargaan dalam budaya seorang individu.

Ciri-ciri Mendasar Kecerdasan (Intellegens)
• To judge well (dapat menilai)
• To comprehend well (memahami secara menyeluruh).
• To reason well (memberi alasan dengan baik).
Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan (Intellegens)

• Pembawaan : kapasitas / batas kesanggupan.
• Kematangan : telah mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya, erat kaitan dengan umur.
• Pembentukan : pengaruh dari luar.
• Minat.
• Kebebasan : terutama dalam memecahkan masalah.
Macam-macam Kecerdasan, Meliputi IQ, EQ, AQ, SQ, CQ

• IQ (INTELLEGENCE QUOTIENT)
• EQ (EMOTIONAL QOUTIENT)
• AQ (ADVERSITY QOUTIENT)
• SQ (SPIRITUAL QOUTIENT)
• CQ (CREATIVITY QOUTIENT)
IQ (INTELLEGENCE QUOTIENT)
• Kapasitas umum seseorang untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu.
• Berhubungan dengan penalaran / berfikir.
• Intellegensi adalah keseluruhan kemampuan individu untuk berfikir dan bertindak secara logis, terarah, serta mengolah dan menguasai lingkungan secara efektif (Marten Pali, 1993).
PENGUKURAN / KLASIFIKASI IQ :
• Very Superior : 130 –
• Superior : 120 – 129
• Bright normal : 110 – 119
• Average : 90 – 109
• Dull Normal : 80 – 89
• Borderline : 70 – 79
• Mental Defective : 69 and bellow
CIRI KHAS IQ (INTELLEGENCE QUOTIEN) :
• Logis
• Rasional
• Linier
• Sistematis
EQ (EMOTIONAL QUOTIENT)
• Kemampuan untuk mengenali perasaan sendiri, perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik, dan berhubungan dengan orang lain (Daniel Goldman).
• Kemampuan mengerti dan mengendalikan emosi (Peter Salovely & John Mayer).
• Emosi adalah letupan perasaan seseorang.
ASPEK EQ (SALOVELY & GOLDMAN)
1. Kemampuan mengenal diri (kesadaran diri).
2. Kemampuan mengelola emosi (penguasaan diri).
3. Kemampuan memotivasi diri.
4. Kemampuan mengendalikan emosi orang lain.
5. Kemampuan berhubungan dengan orang lain (empati).
EQ TINGGI
• Berempati.
• Mengungkapkan dan memahami perasaan.
• Mengendalikan amarah.
• Kemandirian.
• Kemampuan menyesuaikan diri.
• Kemampuan memecahkan masalah antar pribadi.
• Kesetiakawanan.
• Keramahan.
• Sikap hormat.
SQ (SPIRITUAL QUOTIENT)
• Spiritual adalah inti dari pusat diri sendiri.
• Kecerdasan spiritual adalah sumber yang mengilhami, menyemangati dan mengikat diri seseorang kepada nilai-nilai kebenaran tanpa batas waktu (Agus N. Germanto, 2001).
• Paul Edwar, SQ adalah bukti ilmiah ketika anda merasakan keamanan (SECURE), kedamaian (PEACE), penuh cinta (LOVED), dan bahagia (HAPPY).
CIRI-CIRI SQ TINGGI
• Menurut Dimitri Mahayana (Agus Nggermanto, 2001):
a. Memiliki prinsip dan visi yang kuat.
b. Mampu melihat kesatuan dalam keanekaragaman.
c. Mampu memaknai setiap sisi kehidupan.
d. Mampu mengelola dan bertahan dalam kesulitan dan penderitaan.
CQ (CRETIVITY QUOTIENT)
KECERDASAN KREATIVTAS
• Potensi seseorang untuk memunculkan sesuatu yang penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu dan teknologi serta semua bidang dalam usaha lainnya
• Kreatifitas adalah kemampuan untuk mencipta dan berkreasi, tidak ada satupun pernyataan yang dapat diterima secara umum mengenai mengapa suatu kreasi itu timbul.
Ciri-ciri kreativitas menurut

Guil Ford
a. KELANCARAN : Kemampuan memproduksi banyak ide.
b. KELUWESAN : Kemampuan untuk mengajukan bermacam-macam pendekatan jalan pemecahan masalah.
c. KEASLIAN : Kemampuan untuk melahirkan gagasan yang orisinal sebagai hasil pemikiran sendiri.
d. PENGURAIAN : Kemampuan menguraikan sesuatu secara terperinci.
e. PERUMUSAN KEMBALI : Kemampuan untuk mengkaji kembali suatu persoalan melalui cara yang berbeda dengan yang sudah lazim.
Cara Memunculkan Gagasan Kreatif
• Kuantitas gagasan : Teknik-teknik kreatif dalam berbagai tingkatan keseluruhannya bersandar pada pengembangan pertama sejumlah gagasan sebagai suatu cara untuk memperoleh gagasan yang baik dan kreatif.
2. Teknik brainstorming : Teknik ini cenderung
menghasilkan gagasan baru yang orisinil untuk menambah jumlah gagasan konvensional yang ada.
Cara Memunculkan Gagasan Kreatif
3. Sinektik : Suatu metode atau proses yang menggunakan metafora dan analogi untuk menghasilkan gagasan kreatif atau wawasan segar ke dalam permasalahan.
4. Memfokuskan tujuan : Membuat seolah-olah apa yang diinginkan akan terjadi besok, telah terjadi saat ini dengan melakukan visualisasi yang kuat.
AQ (ADVERSITY QUOTIENT)
KECERDASAN DALAM MENGHADAPI MASALAH
• Kemampuan / kecerdasan seseorang untuk dapat bertahan menghadapi kesulitan-kesulitan dan mampu mengatasi tantangan hidup.
• Menurut Stoltz, AQ merupakan faktor yang dapat menentukan bagaimana, jadi atau tidaknya, serta sejauh mana sikap, kemampuan dan kinerja seseorang terwujud di dunia.
Macam-Macam AQ
• AQ Tingkat “Quitters” (Orang-orang yang Berhenti) : tingkatan AQ paling rendah, menyerah ketika menghadapi kesulitan hidup.
• AQ Tingkat “Campers” (Orang yang Berkemah) : campers adalah AQ tingkat bawah.
• AQ Tingkat “Climbers” (Orang yang Mendaki) : climbers adalah pendaki sejati.

Rentang AQ
1. AQ rendah (0-50)
2. AQ sedang (95-134)
3. AQ tinggi (166-200)

0 comments: