Rabu, 09 Februari 2011

How To : Sharing Blog Via Twitterfeed

RSS Is Dead? no RSS Reader is (almost) dead 

Saat ini orang lebih menyukai twitter atau facebook daripada menggunakan RSS reader semacam Google Reader atau NetVibes. nah how to kali ini akan mengulas bagaimana menggunakan twitterfeed untuk sharing artikel blog  ke twitter atau facebook. Yup dengan twitterfeed anda tidak perlu sharing manual setelah posting artikel baru di blog, twitterfeed akan otomatis mengepostkannya untuk anda. Ok demikian forewordnya, sekarang mari langsung menuju ke http://twitterfeed.com/ silahkan sign up terlebih dahulu jika belum punya. and lets Rawk

Step 1 : Create Feed


Langkah pertama beri nama feed di "Feed Name"(1), isikan Rss feed url di "Blog URL or RSS Feed URL"(2), Jika tidak tahu alamat rss blog anda, alamat default rss pada blogger adalah http://blogName.blogspot.com/feeds/posts/default. Jadi jika alamat blog saya adalah mylogzz.blogspot.com maka RSS url'nya adalah http://mylogzz.blogspot.com/feeds/posts/default. atau  pengguna wordpress tinggal menambahkan /rss saja. misal xxx.wordpress.com/rss. jika sudah jangan lupa check rss dengan klick "test rss feed" (3). pastikan anda menemukan tulisan "feed parsed OK" (4), next klick Advanced Settings (5).




Ok lanjut di Advanced Settings, pilih "Update Frequency", pilih check for new posts menjadi "Every 30 Mins" (6) and post up to "5". (7).  ubah "Post Content menjadi "title only" (8). anda bisa memilih shortened link service favorit anda disini (9). biarkan post sorting tetap based on pubDate (10),  bisa juga jmenambahkan hashtag di Post Preffix atau Post Suffix (11), jika dirasa sudah cukup klick "Continue to Step 2" (12)

Step 2 : Configure publishing Services

Voilla Anda sudah berhasil membuat feed, sekarang tinggal menentukan publishing services ada 4 service disitu, pilih twitter (13) anda bisa menambahkan yang lain nantinya.

klick authenticate twitter using OAuth untuk mengizinkan twitterfeeds mengupdate akun twitter anda

klick allow

Then klick Create service (15)
Horray anda berhasil mengkonfigurasi twitterfeed,  sekarang anda bisa menambahkan feeds ke publishing services yang lain seperti langkah diatas, simpe kan ;)

0 comments: